Sebelumnya, ada pertanyaan penting untuk kita sebelum kita melangkah lebih jauh tentang membuat blog.
pertama, Apa tujuan kita membuat blog tersebut?
kedua, Siapa saja kira-kira yang akan melihat blog kita?
ketiga, Manfaat Apa yang kira-kira pembaca dapatkan?

Jika Anda sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada baiknya kita meneruskan tips-tips cara membuat blog ini.

Pertama: 

Ada banyak tujuan dari membuat blog. Mulai dari sekedar curhatan galau, hingga blog perusahaan atau toko online seperti punya saya di sini. Saya juga pernah membuat artikel tentang membuat toko online dengan blogspot jika mungkin perlu untuk Anda. Nah yang jelas, kalau cuma buat diary, dari segi bahasa, tampilan mungkin tidak perlu bagus. Bahasanya juga gak perlu resmi, kali ya. Pemakaian theme standar mungkin sudah lumayan bagus. Tapi kalau untuk blog perusahaan atau membuat toko online, akan lebih baiknya jika kita membuat tampilan yang lebih baik lagi. Perlu juga untuk merubah posisi widget agar tampilan lebih menarik.

Kedua: 

Siapa yang akan melihat blog kita juga perlu di pertimbangkan. Kalau yang baca dengan usia anak muda, mungkin dengan huruf yang kecil atau format yang agak rumit tidak akan menjadi masalah. Tapi kalau kita buat desain untuk anak muda, tapi ternyata informasi di blog kita itu ternyata buat orang dewasa, akan terlihat susah membacanya kan? Itu cuma salah satu contoh.. Begitu juga dengan desain, sesuaikan dengan siapa yang akan membaca blog Anda.

Ketiga: 

Nah, ini yang menurut saya yang terpenting. Apa yang kira-kira pembaca dapatkan dari blog anda? Kalau blog Anda berisi banyak informasi yang bermanfaat, pasti banyak orang juga akan kembali untuk mengunjungi blog anda. Tapi kalau gak ada isinya? Kan juga males orang bacanya, apalagi mau kembali lagi. Lalu, mau di isi apa ya enaknya blog kita? Coba lihat disini untuk mencari ide untuk menulis blog.
 
Tambahan..
Membuat blog berarti untuk di baca orang banyak, terkecuali jika anda tidak mempublikasikannya. Jika untuk di baca orang banyak, berarti perlu kiat-kiat marketing untuk memasarkannya, biar orang tahu. Nah, orang tahu dari banyak macam, mulai dari mesin pencari seperti google, yahoo atau bahkan media manual seperti brosur hingga "word of mouth" atau dari mulut ke mulut. Cara ini hampir persis dengan marketing karena memang kita harus memasarkannya apalagi jika blog yang kita buat untuk toko online.

Pilih mana..
Oh, iya, hampir lupa. Untuk membuat blog ada banyak macam yang sekarang ini tersedia di internet. Cara membuatnya yaitu dengan mendaftarkan terlebih dulu di wordpress, blogger atau yang lainnya. Tentu saja, Anda harus sudah membuat email untuk pendaftarannya terlebih dahulu. Setelah itu, cara membuatnya relatif gampang kok. Ada banyak pilihan bahasa juga kalau anda masih kesulitan bahasa inggris. Jadi tinggal ikuti petunjuk saja.  Itu kalau yang gratisan, kalau mau dengan namadomainsendiri.com, misalnya, maka kita harus membeli domain atau kalau perlu juga hostingnya sekalian.. Tentu saja, yang terakhir ini kita harus membayarnya..

Yang tidak kalah penting untuk sebuah blog adalah perawatan. Bukan cuma kulit atau wajah kita yang butuh perawatan. Tapi blog juga butuh di kelola agar selalu update dan tidak ketinggalan oleh banyaknya blog lain yang menyajikan informasi di internet. Mengelola blog juga membutuhkan ketelatenan dan perlu juga kita untuk banyak membaca sebagai bahan referensi.

Bagaimana komentar Anda?
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top