Jika Anda ingin membuat email baru dari gmail, maka secara otomatis anda akan bisa juga masuk melalui akun google.  Itu salah satu keuntungan jika membuat email menggunakan google.  Sekarang di sini adalah bagaimana membuat email dari google.

1.  Arahkan pointer mouse Anda ke browser lalu ketikkan http://google.com atau jika Anda menginginkan tampilan dengan bahas Indonesia, Anda bisa mengetikkan http://google.co.id/.
2.  Setelah itu akan muncul tampilan dari Google seperti ini:





Sebenarnya ada banyak fasilitas Google yang ingin saya jelaskan disini, seperti Google Trends, Google WebmasterTools dan lain-lain, tetapi disini saya akan membatasi pada penjelasan bagaimana membuat akun email google.

3.  Setelah halaman Google terbuka, langkah membuat email selanjutnya adalah masuk ke gMail Google dengan mengeklik gmail yang ada di atas.
Untuk gambar selengkapnya bisa di lihat di gambar di bawah ini:


4. Setelah tulisan Gmail anda klik, halaman akan berubah seperti di gambar di bawah ini.


Lalu klik di lingkaran yang saya tandai dengan petunjuk seperti di atas dan halaman anda akan berubah menjadi seperti ini:


5.  Selanjutnya, isikan data-data lengkap Anda untuk syarat Anda membuat email baru.  Yang harus di isi dalam tab di atas adalah:
Nama:Jika nama Anda Sasang Priyo Sanyoto, maka disini anda ketikkkan "Sasang"
Nama Belakang: Nama belakang Anda, Contoh: Jika nama Anda Sasang Priyo Sanyoto, maka disini anda ketikkkan Priyo Sanyoto
Nama Login Yang Diinginkan: Masukkan kata yang nantinya anda gunakan untuk masuk/login ke email Anda yang baru.


6.  Gulung halaman formulir pendaftaran email baru Anda kebawah.  Anda akan melihat kolom-kolom selanjutnya yang harus Anda isi seperti gambar di bawah ini:




7.  Disini Anda di haruskan masukkan kembali informasi untuk membuat email yang meliputi:
Buat Sandi: Masukkan kata sandi yang nantinya anda gunakan untuk masuk/login ke email Anda.
Masukkan Kembali Kata Sandi:  Masukkan ulang kata sandi dengan kata yang sama dengan yang Anda isikan seperti di kolom buat sandi di atas




8. Lanjutkan dengan mengisi kolom di bawahnya yang meliputi:
Lokasi: Disini anda bisa memasukkan negara dimana Anda tinggal sekarang.  Contohnya: Indonesia.
Verifikasi Kata: masukkan kata yang seperti acakan kata yang berwarna hijau, pengisian kata ini berfungsi untuk mencegah aplikasi otomatis seperti virus dan lain-lain karena pasti hanya manusia yang bisa membacanya. Gambar selengkapnya bisa di lihat di bawah ini:

 



9.  Yang terakhir dari proses pengisian formulir pendaftaran pembuatan email ini adalah  membaca persyaratan layanan yang merupakan syarat dan ketentuan dari pemakaian akun email dari Google.
 

10.  Setelah membaca syarat dan ketentuan dari Google, silahkan klik 'saya menerima. Buat Akunku' seperti di gambar di bawah ini:



11.  Setelah mengklik tombol di atas, secara otomatis akan muncul halaman pembuatan email selanjutnya seperti gambar di bawah ini:


12.  Jika sudah muncul gambar di atas di halaman Anda, maka berarti pendaftaran membuat email Anda sudah berhasil. Jika Anda ingin langsung menuju ke email Anda, silahkan klik pada tanda panah di atas.

Nah, sekarang proses membuat email dari Google sudah selesai Anda kerjakan.  Silahkan Anda mencoba menulis surat, mengirimkannya kepada teman Anda, atau membuka kotak surat. Dengan memiliki email, kita sudah bisa mulai untuk membuat blog.  Dan juga kita bisa menulis blog dari email jika kita sudah memiliki blog sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top